Yamaha dikabarkan
tengah menyiapkan model terbaru dari MT-09. Konon model anyar ini mendapat
sentuhan baru di sektor mesin guna menyesuaikan dengan regulasi Euro 5. Jantung
pacu itu disinyalir meningkat dari 847 cc yang ada saat ini menjadi 890 cc.
Tenaga maksimumnya pun bertambah menjadi 118 Hp dari sebelumnya 115 Hp.
Informasi itu datang
dari Federal Motor Transport Authority Jerman. Kabarnya mereka telah
menerbitkan hasil uji emisi untuk sepeda motor Yamaha dengan kode model
MTN890D. Sandi itu menunjukkan perpindahan kapasitas motor dari 847 cc menjadi
890 cc. Pasalnya, kalau mengikuti nomenklatur khas Yamaha untuk keluarga MT
series, menggunakan MTN850. Sama halnya dengan MT-07 silinder ganda
bervolume 689 cc yang menggunakan MTN690. Dan MT-10 berkapasitas 998 cc yang
juga memiliki kode MTN1000.
Menurut logika ini,
kita dapat menyimpulkan bahwa MTN890D mengacu pada MT-09 baru atau
lebih khusus lagi. Namun ada kemungkinan juga kalau huruf D di belakang mengacu
pada versi SP. Berarti itu ada penambahan varian baru. Data pengujian MTN890
mencantumkan memiliki output 88 kW (118 hp). Mesin disetel agar sesuai dengan
standar Euro5 dan menghasilkan emisi lebih sedikit.
Tercatat menyemburkan
366 mg / km karbon monoksida (CO), 34 mg / km hidrokarbon tidak terbakar (HC),
dan 9 mg / km oksida nitrogen (NOx). Angka-angka itu tentu tidak sebanding
dengan mesin 847 cc yang mengklaim 85 kW (114 hp), 525 mg / km CO, 103 mg / km
HC dan 40 mg / km NOx. Namun hingga saat ini belum bisa diketahui secara pasti
perpindahan mesinnya. Meski nama kode menunjukkan itu mendekati 890 cc.
Meningkatnya kapasitas adalah salah satu metode yang digunakan pabrikan agar
model mereka memenuhi Euro 5.
Contohnya pabrikan
Jepang lain seperti Honda dengan Africa Twin CRF1100L yang
kapasitasnya meningkat. Dari yang sebelumnya 998 cc menjadi 1.100 cc. Begitu
pula dengan Ducati Multistrada 1260 dan BMW R1250. Biasanya kontrol emisi yang
lebih ketat berdampak negatif pada kinerja, jadi pabrikan menebusnya dengan
meningkatkan ukuran mesin.
Performa
Hal ini memang tidak
selalu diperlukan, tetapi untuk segmen yang lebih kompetitif, jauh lebih mudah
untuk memasarkan mesin baru. Apalagi dengan penawaran tenaga yang lebih tinnggi
dibanding model lama. Sejauh ini cukup menarik melihat perubahan lain yang
sedang direncanakan Yamaha untuk menyiapkan model Euro 5. Apalagi semua sepeda
motor baru di akhir tahun ini sudah wajib mematuhi regulasi emisi ramah
lingkungan untuk pasar Eropa.
Hingga sekarang,
satu-satunya model Yamaha yang dapat verifikasi untuk memenuhi Euro 5 adalah
sport bike YZF-R1, Tracer 700, dan TMax serta MT-125 menurut hasil tes emisi di
Jerman. Tentu kita juga semua berharap kalau MT-10, MT-07 dan T?n?r? 700 juga
bisa memperkecil kadar bahan pencemar yang dihasilkan kendaraan bermotor. Saat
ini, baru MT-09 saja yang diberitakan menerima mesin baru, meski belum
terkonfirmasi secara resmi dari pabrikan.
Tetapi setidaknya ada
model Yamaha lain yang menggunakan mesin tiga silinder, seperti Tracer 900,
XSR900, dan Niken yang segera menerima pembaruan serupa. Karena lini produk itu
berbagi mesin yang sama dan mereka juga belum memenuhi standar baru. Untuk
diketahui, Yamaha MT-09 yang saat ini berbedar mengusung mesin 847 cc
4-stroke, DOHC, 12 Valves, berpendingin cairan. Diameter x langkah 78 x 59,1 mm
dan kompresi 11,5 : 1. Dirinya mampu menghasilkan tenaga sebesar 115 Hp pada
10.000 rpm dan torsi 87,5 Nm di 8.500 rpm.
Ia memiliki memiliki
tiga mode berkendara. Pertama Mode Standard yang sesuai untuk berbagai kondisi
jalan, Mode A untuk mendapatkan respon mesin yang lebih cepat pada rpm rendah
sampai medium, dan Mode B untuk respon yang lebih lembut.
Fitur-Fitur
Untuk kenyamanan
berkendara dibenamkan fitur quick shifter system dan assist sliper clutch. Quick Shift System (QSS)
memberikan upshift lebih halus dan lebih responsif. Dan Assist & Sliper
Clutch yang meningkatkan stabilitas sasis saat pengendara
menurunkan gigi dengan cepat. Kemudian ada Traction Control System (TCS) dan
pengereman ABS yang menciptakan pengendalian luar biasa, sehingga siapapun yang
mengendarai motor ini bakal jauh lebih nyaman karena ban dijamin bakal anti
slip.
Ditunjang pula dengan
suspensi Upside Down Full Adjustable yang menjadikan handling lebih sempurna,
motor lebih stabil, dan terlihat semakin gagah saat berkendara. Yamaha juga
membenamkan Yamaha Chip Controlled Throttle (YCCT), yakni sistem kontrol throttle (fly by wire) yang berfungsi
mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin lebih presisi atau sesuai kebutuhan
agar performa maksimal.
Untuk pasar Indonesia,
motor Jepang ini dijual Rp 290 juta dan ditawarkan dalam tiga pilihan warna,
ada Ice Fluo, Tech Black dan Icon Blue.
Sumber: Oto.com
Sumber : liputan6.com